Sabtu, 05 Januari 2013

Mengenal bagian - bagian bobbin case



Penjelasannya

Bobbin case latch : kita harus memegang atau menarik bagian ini pada saat mengeluarkan bobbin case dari mesin jahit(atau kedudukan atau tempat menyimpan bobbin case pada mesin jahit).

Bobbin case finger : pada saat memasukkan atau memasang bobbin case pada mesin jahit(atau kedudukan atau tempat menyimpan bobbin case pada mesin jahit), anda harus pastikan bagian ini masuk pada tempatnya, bagian ini adalah pengunci atau penahan agar bobbin case tidak ikut berputar atau bergerak saat mesin jahit dijalankan.

Lower thread tension screw : ini adalah tension benang bawah, bagian ini cukup diatur atau disetting sekali saja pada saat awal membeli mesin jahit atau pada awal menggunakan mesin jahit.

Thread slot : saat kita menyimpan spul atau bobbin yang telah berisi benang ke bobbin case, benang tersebut harus dialirkan atau diselipkan ke bagian ini.

Semoga bermanfaat.



*Untuk menghubungi mesin jahitku: 
Rudi (mantan service engineer singer indonesia)
HP: (021) 28919748, 087775727555 dan 081219529005
Email: mesin.jahitku@gmail.com
Kunjungi toko mesin jahit online saya yang service dan trainingnya baik, benar dan terjamin (insya Allah): 
www.mesinjahitku.blogspot.com

Mesin Jahitku: menggunakan mesin jahit dengan benar, aman dan awet.

9 komentar:

  1. Bagaimana memperbaiki benang di sekoci bawah yang tidak mau naik ke atas,,,sudah saya betulkan kekencangan benang atas ( nomor 4), bawah (sekoci), sudah ganti jarum 2 kali, sudah ganti benang 3 x, sudah diminyaki mesinnya ( bagian dalam tempat sekoci terpasang),,,tolong ya mas,,udah sebulan nih gak mau naik ke atas benangnya,,,,saya lihat di blog yang lain katanya kemungkinan karena timing gearnya sudah aus atau jarum tidak pas bertemu dg roda gilanya,,,ah say gak tahu istilah -istilah itu...tolong ya mas,,apa yang harus dibongkar atau dibetulkan,,,berikan gambarnya ya kalau boleh,,,mesin jahit Singer portable 8280...terimakasih

    BalasHapus
  2. maaf sekali, saya tidak mengetahui atau lupa kalo ada komentar ini. betul, kemungkinan terburuknya adalah kerusakan pada timing. jika timingnya rusak, ibu tidak bisa memperbaikinya sendiri, hanya teknisi mesin jahit yang dapat memperbaikinya.

    jika memasang benangnya (benang atas dan benang bawah) dan memasang jarumnya sudah yakin dan pasti benar, maka pertolongan pertama yang saya bisa berikan, coba terlebih dahulu: menurunkan jarumnya sekitar 1mm, jika belum berhasil, turunkan lagi 1mm, jika belum berhasil, turunkan lagi 1mm, jika belum berhasil, turunkan lagi 1mm. Batas maksimal yang bisa diturunkan adalah 4mm saja.

    selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. maaf, salam kenal.. Gimana kalau hooknya yg bermasalah.. apa itu pengaruh sama mesin ? Soalnya jarumnya juga gak mau gerak turun naik. Mohon solusinya...makasih ya

    BalasHapus
  4. mesin jahit saya manual yang terhubung dengan dinamo, mohon ya mas dibantu.. dinamo bekerja dengan baik tapi jarumnya gak gerak..sudah diminyakin ..apa yang salah ???? ..hiks

    BalasHapus
  5. Benang atas sering kusut dibawah.... masalahnya dimana yah ? Katanya hooknya, sudah saya ganti tapi masih juga gak membuahkan hasil....

    BalasHapus
  6. @anonim: hook tidak ada kaitannya dengan naik turun jarum, ada sesuatu terselip di dalam mesin jahit dapat menyebabkan jarum tidak dapat turun naik, ada bagian mesin jahit yang macet karena berkarat dapat menyebabkan jarum tidak dapat turun naik, ada bagian mesin jahitnya yang bergeser dapat menyebabkan jarum tidak dapat turun naik, dan lain sebagainya.

    jika macet karena ada sesuatu yang terselip, jika macet karena ada sesuatu yang bergeser, tidak dapat diatasi dengan memberikan minyak pada mesin jahitnya. Singkirkan atau buang yang terselip dan kembalikan yang bergeser ke posisinya semula, itu adalah solusinya.

    BalasHapus
  7. @dira: langkah pertama anda harus tahu dulu dengan PASTI cara pemasangan benang atas dan benang bawah dengan benar, dan cara settingnya juga harus benar. Jangan dikira ini mudah dilakukan atau hal yang biasa saja.

    Karenanya sewaktu kita membeli mesin jahit belilah di toko mesin jahit yang benar - benar mengerti mesin jahit dan menjahit, seperti toko mesin jahit ku.

    Orang kebanyakan menganggap pemasangan benang itu hal yang biasa atau mudah, itu SALAH.

    BalasHapus
  8. 'Met pgi....maaf ganggu...sy pemula mau nanya,knpa benang disekoci g mau keanagkat ke atas saat dipancing oleh benang ats??
    O ya sy bli msin bekas tmn merk butterfly yg manual n tension atas tdk ada angka tingkat pngaturan cm kyk da skrup n per(spiral)...
    Mhn bantuannya..mksih...

    BalasHapus
  9. Selamat Malam Pak Rudi.
    Mesin jahit saya, benangnya "sulit" untuk nyantol di hook. Kalaupun bisa, hanya bbrp centi jalan, langsung benang putus.
    SUdah saya ganti rumah hook nya, tetap tdk bisa.
    Apakah juga karena timing nya ya?

    Kalau masalah timing, bagian apa saja yg perlu dicek?

    BalasHapus