Kamis, 21 Juni 2012

Kumpulan Tips Mesin Jahit

Dalam membordir dengan mesin bordir komputer portable :
- gunakan stabiliser listrik 500 watt untuk menghindari turun naiknya tegangan suplai yang tidak stabil pada mesin. kenapa stabilisernya 500 watt? karena daya listrik mesinnya sekitar 120 watt. 
- gunakan pakaian bekas dalam latihan membordir pakaian.
- gunakan kain keras untuk bahan pakaian yang tipis.
- gunakan jarum spesialis bordir untuk hasil yang lebih baik.



Dalam menjahit :
- gunakan gunting yang tajam untuk mengunting kain karena gunting yang tumpul dapat merusak kain.
- gunakan gunting untuk mengunting kain hanya untuk mengunting kain saja.
- atur posisi, ketinggian dan kedudukan kursi dan meja mesin jahit sehingga kita dapat menjahit dengan nyaman.

- gunakan sandal atau alas kaki pada saat menjahit terutama saat menggunakan mesin jahit yang hampir atau seluruh bagiannya terbuat dari logam atau besi untuk terhindar dari kecelakaan tersengat arus listrik. Karena logam atau besi adalah penghantar atau konduktor dari arus listrik. Misal: kabel digigit tikus sehingga isolator pelindungnya terkelupas dan tembaga kabelnya menempel pada mesin anda, maka saat anda menggunakan atau menyentuh mesin jahit, anda akan tersengat arus listrik, kesakitan bahkan kematian bisa menimpa anda. Itu lah mengapa mesin jahit singer sekarang ini body dan pedalnya terbuat dari plastik, salah satu alasannya adalah agar anda terhindar dari sengatan arus listrik, tapi sangat disayangkan sebagian orang mengeluarkan pendapat bahwa mesin yang terbuat dari plastik menjadi mudah rusak, tanpa sebagian orang ini memberitahukannya pula bahwa mesin yang terbuat dari logam bisa mengakibatkan tejadinya kecelakaan tersengat arus listrik dan mesin yang terbuat dari logam atau besi bisa berkarat. 


Dalam menggunakan mesin obras :  
- anda pemula dalam menggunakan mesin obras? Or this machine first time for you? jika anda pemula, saran saya: yang perlu anda harus ketahui pertama kali dalam menggunakan mesin obras adalah bagaimana cara memasang benangnya dan cara setting tension nya. Mesin obras model sekarang ini memiliki 4 benang, 4 tension dan 2 jarum. Karena memasang benang dan setting tension pada mesin obras lebih sulit daripada memasang benang dan setting tension pada mesin jahit. Kalau perlu, anda dokumentasikan cara pemasangan benang dan setting tensionnya. 
  

Agar mesin jahit awet dan tidak mudah rusak selama bertahun - tahun :
- perhatikan kebersihan mesin jahit, bersihkan mesin jahit secara berkala.
- gunakan mesin jahit sesuai petunjuk.


Cara menyimpan part/aksesoris/perlengkapan mesin jahit :

Tips yang satu ini menjelaskan bagaimana cara menyimpan part/aksesoris/perlengkapan mesin jahit, jika anda belum menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.
Part/aksesoris/perlengkapan mesin jahit yang dimaksud dalam tips ini adalah yang terbuat dari logam, misal: bobbin case, sepatu, jarum, gear, dll.
Yang diperlukan untuk menyimpannya adalah: kantong plastik klip dan cairan anti karat (jika tidak ada cairan anti karat, bisa menggunakan minyak mesin jahit).
Caranya:
1. Masukkan part ke dalam kantong plastik klip.
2. Semprotkan cairan anti karat atau teteskan minyak secukupnya ke part tersebut.
3. Tutup kantong plastiknya dengan menjepit klip nya.
4. Lalu pijat - pijat bagian luar plastik yang besentuhan dengan part agar cairan tersebar merata ke seluruh bagian part.
5. Kemudian simpanlah di tempat yang aman.
Mudah bukan?



Semoga bermanfaat.



*Untuk menghubungi mesin jahitku: 

Rudi (mantan service engineer singer indonesia)
HP: (021) 28919748, 087775727555 dan 081219529005
Email: mesin.jahitku@gmail.com
Kunjungi toko mesin jahit online saya yang service dan trainingnya baik, benar dan terjamin (insya Allah):
www.mesinjahitku.blogspot.com  

2 komentar: