Kamis, 28 November 2013

Mau Beli Mesin Jahit Tapi Uangnya Terbatas


Bapak ibu, jika ingin membeli mesin jahit karena ingin belajar menjahit tapi uangnya terbatas, menurut saya lebih baik membeli mesin jahit hitam bekas daripada membeli mesin jahit yang tidak karuan. Saya tulis "tidak karuan" karena memang saya tidak mau menuliskannya secara jelas dan silakan bapak ibu menerkanya sendiri. Yang pasti mesin jahit yang tidak karuan itu memang mesinnya baru dan harganya murah, bahkan murah banget, tetapi baru dipakai beberapa hari atau beberapa minggu atau beberapa bulan sudah rusak. Bagi orang yang memiliki uang cukup dan ingin mencoba - coba, mungkin tidak masalah. Tapi bagi orang yang uangnya pas - pasan dan sangat ingin mempunyai mesin jahit sedang dia tidak atau belum mengerti, bahkan ada yang berpikir itu mesin sama saja dengan mesin jahit pada umumnya, ini menjadi masalah.

Sekarang saya hendak memberitahu bagaimana atau apa ciri - cirinya mesin jahit bekas yang masih bagus atau layak pakai:

1) Yang pasti harus bisa membentuk jahitan di kain. Caranya: coba tuh mesin dengan menjahitnya dengan kecepatan yang full atau paling cepat. Selama 4 menit coba menjahit terus, apakah selama itu terus membentuk jahitan dengan baik? Ingat, mencobanya di tokonya ya! 

2) Apakah banyak karatannya? Kalo tuh mesin banyak karatannya bahkan ada yang keropos, jangan dibeli. Kalo karatannya sedikit atau sebagian dan tidak keropos besinnya, itu tidak masalah.

3) Rasakan putaran handwheel nya. Jika handwhel diputar dengan tangan kanan sebanyak 10 kali putaran tidak terasa berat, tidak terasa ada yang mengganjal dan rasanya tetap atau stabil, itu mesin jahit masih bagus.

Oh, iya, jika mesin jahit bekasnya masih belum terjangkau, pasti lebih baik menabung dulu atau patungan sama teman untuk berbagi pakai dan belajar bersama.



Author: Rudi Mesin Jahitku
Semoga bermanfaat dan menjadi amal yang diterima serta menghasilkan rizqi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar